HARDWARE
Informasi Lengkap Tentang Hardware
Komputer
Perangkat Keras Komputer dan
Fungsinya
Perangkat
keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang
membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).
Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing.
Biasanya perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing.
Perangkat
keras yang berada di dalam casing umumnya terdiri dari:
Motherboard (papan utama)
Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
Central
Processing Unit (CPU)
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.
Random Access Memory (RAM)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
Video Graphic Array (VGA)
VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
Hard Disk Drive(HDD)
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.
Optical Disc Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
Power Supply Unit (PSU)
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.
Selain dari
perangkat keras komputer yang terdapat di dalam casing, ada juga
komponen-komponen yang umum kita lihat diluar casing:
Monitor
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
Diluar
komponen-komponen yang sudah kita sebut diatas, ada pula perangkat keras
komputer yang tidak semua komputer memilikinya:
Uninterruptable Power Supply (UPS)
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.
Printer dan Scanner
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.
Printer dan Scanner
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.
Speaker
Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.
Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.
Sound Card (Kartu suara)
Fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker
Fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker
Modem
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet
LAN
Card
Fungsinya sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.
Fungsinya sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.
* INPUT DEVICE (Alat
masukan )
Yaitu alat yang digunakan untuk
menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam
computer.Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Contoh alat device input :
a.Keyboard
digunakan untuk memberikan masukan
(input) ke dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data
atau perintah yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada keyboard.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai
input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara
cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan
tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse
terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Scanner
Scanner adalah alat masukan yang
dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung
dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut
dapat ditambah, ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan
ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks,
dokumen, dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak
pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan
tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya
langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan
perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
f. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
g. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
* PROSES
DEVICE
Otak sebuah komputer berada pada
unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central
Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang
selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer
mikro unit pemrosesan ini disebut denganmicro-processor (pemroses mikro) atau
processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi
utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat
dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard,
scanner, atau joystick. Kecepatanprocessor atau CPU ini diukur dengan satuan
hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor
sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt.
Perkembangannyaprocessor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium
dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga
Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV,
telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu
Centrino(Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada
komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru
adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz
seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal
adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software,
atau instruksi suatu program.
User Online:
198
Info Terbaru
Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2013-2014
Alat Alat Input Proses Output Pada Komputer
Info Terbaru - Alat
Alat Input Pada Komputer - Alat Alat Proses Pada Komputer - Alat
Alat Output Pada Komputer - Komputer
merupakan kumpulan komponen-komponen hardware yang saling bekerja satu sama
lain, komponen-komponen atau alat-alat komputer tersebut mempunyai tugas masing-masing,
mereka bekerja satu sama lain untuk menghasilkan suatu data salahsatunya data
yang dapat ditampilkan pada Monitor komputer. Dengan adanya saling
keterhubungan antar komponen atau alat ini maka, komponen komputer tersebut
mempunyai fungsinya masing-masing agar dapat bekerja dengan baik dan juga
sebelum itu kita harus mengetahui alat-alat tersebut.
Pada artikel kali ini Info Terbaru akan memberikan sedikit ulasan tentang alat input komputer, dan juga artikel alat output pada komputer.
Pada artikel kali ini Info Terbaru akan memberikan sedikit ulasan tentang alat input komputer, dan juga artikel alat output pada komputer.
Alat Masukan (Input Device)
Alat
masukan (Input Device) mempunyai kegunaan sebagai suatu alat yang bisa
menmasukan data dari luar untuk kemudian diproses oleh prosesor dan juga memori
sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi data.
Dibawah ini merupakan alat input pada komputer :
- Keyboard
Keyboard adalah peralatan input yang sangat penting dalam
suatu pengolahan data menggunakan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.
- Mouse
Mouse adalah salah satu input device yang berfungsi untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
- Touchpad
Touchpad berfungsi untuk pengganti mouse pada
laptop/notebook.
- Microphone
Microphone berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang
kemudian akan disimpan dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang
chatting atau video call.
- Webcam
Berfungsi untuk mengambil gambar/video untuk ditransfer ke
internet, webcam juga dapat berfungsi untuk video call.
- Scanner
Scanner digunakan untuk menyalin/mengambil gambar file dari
luar komputer dan kemudian hasilnya akan ditampilkan di komputer.
Alat Proses Pengolahan Data (Process Device)
Peralatan proses merupakan pusat
proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses
pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau
memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke peralatan Output.
Dibawah ini merupakan Alat Pemrosesan (Process Device) pada komputer :
Dibawah ini merupakan Alat Pemrosesan (Process Device) pada komputer :
- Motherboard
Motherboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer
yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan
lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy
disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
- Processor
Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan
pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu
dengan lainya.
- RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah
komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu
program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara
acak atau random.
- Video Card
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk
menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
- Sound Card
Sound Card memiliki fungsi sebagai pengolah data berupa audio
atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.
Alat Keluaran (Output Device)
Peralatan keluaran yaitu peralatan
yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk
teks dan grafik atau gambar.
Dibawah ini merupakan alat Keluaran (Output Device) pada komputer :
Dibawah ini merupakan alat Keluaran (Output Device) pada komputer :
- Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan
informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
- Speaker
Speaker memiliki fungsi untuk menghasilkan atau mengeluarkan
efek suara dari komputer.
- Printer
Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk
mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
a. ALU ( Arithmetical Logical Unit
)Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka
dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari
register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah
melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan
instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan
adderkarena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari
ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program
yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan
dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
- Sama dengan (=)
- Tidak sama dengan ( <> )
- Kurang dari ( < )
- Kurang atau sama dengan dari (
<= )
- Lebih besar dari ( > )
- Lebih besar atau sama dengan dari
( >= )
b.CU ( Control Unit )Fungsi unit ini
adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang
dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan
perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem
komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data
diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi
perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.
Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
Mengatur dan mengendalikan alat-alat
input dan output
Mengambil instruksi-instruk dari
memori utama
Mengambil data dari memori utama
(jika diperlukan) untuk diproses
Mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
Menyimpan hasil proses ke memori
utama. Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi menjadi 3 Macam yaitu :
a.Peralatan Proses ( Process
Storage)
Peralatan Proses adalah alat yang
digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses
adalah sebagai berikut.
1.) Processor Alat ini berfungsi
sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam
komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang
digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo.
Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut.
2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
Input Storage, digunakan untuk
menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
Program Storage, digunakan untuk
menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
Working storage, digunakan untuk
menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
Output Storage, digunakan untuk
menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat
output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem
komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi
program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk
data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage,
kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke
dalamoutput storage.
Terdapat beberapa jenis RAM yang
beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random
Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30
pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286
dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
2. EDO RAM ( Extended Data Out
Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam
membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk
EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk
Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM
yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66
MHz.
4. SD RAM (Synchronous Dynamic
Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas
EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual
Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5. RD RAM (Rambus Dynamic Random
Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali
digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM
adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki
kecepatan hingga 800 MHz.
6. DDR SDRAM (Double Data Rate
Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan
menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini.
RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM
adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.
* OUTPUT DEVICE (Alat
keluaran)
Output device bisa diartikan sebagai
peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan
data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia
ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media
dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang
dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk
sebagai berikut.
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
a.Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Pada umumnya, monitor yang pada saat
ini menggunakan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik
scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor.
Sinar elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak
balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor.
Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau
mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor.
Begitu banyak dan cepatnya sinar
ataupun spot yang terbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti
oleh pembakaran phospor, maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf
Z yang bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut sebagai “raster pattern”
Pada monitor jenis monochrome
ataupun composite, hanya terdapat satu sinar elektrone yang menembus phospor,
sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja, yaitu
hitam putih atau hijau hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna, terdapat tiga
titik yang bisa menghasilkan warna merah, biru dan hijau jika ditembus oleh
sinar elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh komputer dalam menembus
titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna pada monitor.
- Tipe-tipe monitor yang sudah
dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
* VEKTOR
DISPLAY
Gambar Vektor tersusun atas objek
garis, kurva, bentukan(shape) dan memiliki atribut seperti : isian warna, isian
tekstur, garis tepi. Atribut objek elemen gambar vektor dapat diubah ukurannya,
bentuknya, warnanya, secara individual tanpa menurunkan kualitas gambar. Masing
- masing objek tersebut terwujud dari hasil pemetaan koordinat dan persamaan
matematis. Maka, gambar vektor tidak akan “pecah” dan berkurang kualitasnya
jika diubah ukurannya secara keseluruhan.
Contoh gambar vektor adalah
ilustrasi, kartun, dan text. Dari uraian itu, gambar vektor bersifat resolution
independent.
Contoh : Jika anda menggunakan
Browser Mozilla Firefox coba tekan CTRL + berkali-kali untuk memperbesar
ukuran, maka akan terlihat bahwa Text tidak mengalami penurunan kualitas Warna,
sedangkan objek gambar akan terlihat kotak-kotak bergerigi bahkan buram.
Warna pada gambar vektor memang
lebih banyak bersifat solid. Gradasi warna(chrome) dan nada(tone) tidaklah
sekaya jika dibandingkan dengan gambar bitmap yang bersifat photo realistic.
Beberapa perangkat lunak pengelola gambar vektor seperti corelDraw kini telah
dapat menyimulasikan transparansi dan peleburan (blending) antar lapiran elemen
gambar(layer).
Beberapa contoh format gambar vektor
adalah : CDR(CorelDraw), AI(Adobe Illustrator), CMX(Corel Exchange),
CMG(Computer Graphic Metafile), DXF(AutoCAD), dan WMF(Windows Media File).
Metafile adalah format gambar vektor
yang dapat menyimpan elemen bitmap, misalnya isian tekstur bitmap. Sampai saat
ini web masih didominasi format gambar bitmap. Beberapa format vektor yang
mulai banyak didukung dunia web, misalnya SWF(Adobe Shockware Flash) dan
SVG(Scalable Vektor Graphic) yang berbasis bahasa pemograman XML(eXtensible
Markup Language). Kedua format ini mendukung gambar statis maupun animasi 2
dimensi.
Pengubahan gambar bitmap ke gambar
vektor(tracing) saat ini telah mampu dilakukan perangkat lunak pengolah gambar
vektor seperti CorelDraw, Corel Trace, Adobe Flash, dan lain-lain. Jika ingin
mengkonversi vektor ke bitmap(rasterisasi), sebaiknya tetap menyimpan format
vektornya untuk mempertahankan kulitas gambar.
* RASTER
DISPLAY
Bitmap atau Raster merupakan gambar
yang tersusun dari titik-titik elemen gambar yang disebut piksel. Masing-masing
piksel memiliki informasi warna. Jumlah kemungkinan warna yang dapat
ditampilkan oleh suatu piksel tergantung pada satuan bit yang dimiliki gambar
bitmap tersebut. Gambar bitmap 8 bit berarti piksel-piksel yang menyusun dapat
menampilkan kemungkinan warna sebanyak 2 pangkat 8, atau 256 warna. Gambar
bitmap dengan resolusi (jumlah piksel setiap satuan ukur) besar, akan terlihat
lebih halus dibandingkan yang memiliki resolusi rendah. Resolusi gambar bitmap
dinyatakan dalam satuan dot per inch(dpi) atau pixel per inch(ppi).
Foto digital dan gambar hasil
pemindaian (scanning) adalah gambar bitmap.
Kadangkala, kita memindai foto dengan resolusi lumayan tinggi, misalnya 300 dpi yang sesuai untuk cetakan seukuran majalah. Ketika dilihat dimonitor komputer, tampak lebih besar karena standar display monitor komputer adalah 72 dpi atau 96 dpi. Maka dari itu, resolusi gambar bitmap yang sesuai untuk keperluan display, misal web adalah 72 dpi.
Kadangkala, kita memindai foto dengan resolusi lumayan tinggi, misalnya 300 dpi yang sesuai untuk cetakan seukuran majalah. Ketika dilihat dimonitor komputer, tampak lebih besar karena standar display monitor komputer adalah 72 dpi atau 96 dpi. Maka dari itu, resolusi gambar bitmap yang sesuai untuk keperluan display, misal web adalah 72 dpi.
Lain halnya jika akan kita
pergunakan untuk keperluan cetak. Printer memerlukan resolusi yang cukup untuk
menampilkan cetakan gambar yang baik, tergantung pada ukuran media cetak dan
jarak pandang idealnya. Cetak foto seukuran 10R akan lebih baik jika
menggunakan resolusi 300dpi atau lebih. Lain halnya untuk baliho. Jarak pandang
yang jauh, tidak akan menampakkan piksel yang ukurannya besar - besar karena
menggunakan resolusi rendah, misalnya 50dpi.
Gambar bitmap bersifat resolution
dependent. Artinya ketika kita mengubah ukurannya(resample), sulit untuk
mengendalikan kualitasnya. Jika kita mengecilkan ukurannya, berarti membuang
sebagian pikselnya. Sebaliknya ketika diperbesar ukurannya(bukan zooming) akan
terjadi terjadi penambahan piksel diantara ruang piksel yang teregang. Piksel -
piksel tambahan akan dikalkulasi agar mirip warnanya dengan piksel
disekitarnya. Mekanisme ini disebut interpolasi.
Pembesaran gambar melebihi kemampuan
pikselnya akan mengekibatkan efek garis bergerigi(jagged) pada pinggiran objek.
Beberapa contoh format gambar bitmap
adalah : BMP, GIF, PNG, TIFF, JPEG, Targa, PICT(MacOS), PCX, serta PSD.
Format PNG, GIF, TIFF, PSD, dan PICT
mampu merekam informasi transparansi. Namun GIF hanya mampu menyimpan informasi
transparansi 1 bit : transparan atau tidak sama sekali. Jadi transparansi pada
format GIF tidak bersifat persial atau gradual. GIF juga hanya bisa menyimpan
informasi 256 warna. Untuk mengatasi keterbatasan itulah, format PNG hadir.
Namun, beberapa browser internet gaek belum mendukung format PNG, sehingga saat
ini lebih banyak digunakan untuk keperluan cetak
No comments for "HARDWARE"
Post a Comment